Apa Itu Partisi ?

Siang Sob,
Dalam Kesempatan hari ini saya ingin mencurahkan sedikit ilmu tentang dunia computer dalam Bab saat melakukan penginstalasi sistem operasi yaitu saat melakukan partisi.Apa itu Partisi ? Partisi adalah pengaturan data pada harddisk atau bias juga proses pembagian ruang kosong pada harddisk untuk memberikan file system pada ruang kosong yang terdapat pada harddisk,kemudian ruang kosong pada harddisk.
Tipe Partisi
Ada 3 jenis partisi yaitu :
Ø Partisi Primary
Partisi Primary adalah partisi utama pada harddisk yang memuat sejumlah file data dan memiliki fungsi sebagai partisi yang pertama diakses computer untuk booting,jadi partisi tipe ini digunakan untuk menyimpan file data dari system operasi yang kemudian digunakan untuk menyimpan booting system operasi tersebut dan data system operasi tersebut disimpan disini.
Ø Partisi Extended
Partisi Extended adalah partisi pertama pada harddisk yang berfungsi untuk mengatasi keterbatasan pembagian partisi Dan Partisi Ini tidak menangani pengolahan data secara langsung untuk dapat menggunakan,kamu harus menciptakan partisi logical terlebih dahulu.Bisa dibilang tipe partisi ini adalah partisi lain selain partisi primary.
Ø Partisi Logical
Partisi Logical adalah partisi sampingan yang terdapat pada partisi extended Dan partisi ini mampu menampung berbagai macam file data.Contohnya :D,:E,:F dan seterusnya pada windows,Jadi,Partisi Extended terdiri partisi logical.
Sekian hanya yang dapat saya sampaikan.
             

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Partisi ?"

Posting Komentar