Cara Mudah Bootable Flashdisk Dengan Yumi

     Dalam Kesempatan Kali Ini Saya ingin memberikan sedikit ilmu tentang dunia komputer yaitu cara mudah membuat bootable flashdisk windows,kali ini saya mencoba bootable windows 7 Dan Software yang saya gunakan untuk bootable flashdisk adalah Yumi.
Persiapan membuat flashdisk bootable
Bahan-Bahan Yang digunakan untuk bootable Flashdisk :
1.       Yumi.Apabila Belum Punya bias download Disini
2.      Iso Windows 7
3.      Flashdisk ukuran minimal 4 GB

langkah kerja pembuatan bootable flashdisk

1.               Colokkan Flashdisk Kedalam PC Atau Laptop (Pastikan Flashdisk yang akan diBootable adalah Kosong(Terformat)
2.                Ekstrak Yumi Lalu Buka,Kemudian akan Muncul seperti dibawah ini

3.                Pilih I Agree
4.               Lalu Akan muncul Jendela selanjutnya seperti dibawah ini

5.                Di bagian Step 1, pilih USB flashdisk yang akan dibuat menjadi booatable. Opsi Show All Drives akan menampilkan seluruh drive yang terpasang pada komputer, mulai dari hard disk sampai CD/DVD-ROM, dan sebaiknya tidak diaktifkan agar tidak salah dalam memilih drive yang digunakan oleh USB flashdisk yang dicolokan ke komputer.

6.                Setelah pemilihan USB flash drive, secara otomatis di bagian kanan Step 1 akan tampil 2 opsi, opsi View or Remove Installed Distros dan opsi Format Drive (Erase Content)seperti dibawah ini

7.                Opsi View or Remove Installed Distros berguna untuk melihat sistem operasi atau tool-tool yang sudah pernah diinstall pada USB flash drive dan jika dibutuhkan dapat menghapus sistem operasi atau tool-tool yang tidak diinginkan. Pada bagian Step 2, pilih sistem operasi atau tool yang akan dihapus.

8.                Opsi Format Drive (Erase Content)digunakan untuk memerintahkan aplikasi memformat USB flash drive yang digunakan. Gunakan opsi ini hanya satu kali ketika pertama kali membuat USB bootable, agar USB flash drive dapat digunakan untuk booting. Karena itu, pastikan data-data yang ada dalam USB flash drive sudah di-backup. Untuk penambahan sistem operasi berikutnya, opsi ini jangan diaktifkan kembali.

9.                Pada Step 2, pilih sistem operasi atau tool-tool yang akan ditambahkan ke dalam USB flashdisk.

10.            Pada Step 3, tekan tombol Browseuntuk mencari file .iso sistem operasi atau tool yang akan ditambahkan tersebut. Selanjutnya tekan tombol Create untuk memulai proses pembuatan bootable USB flash drive.



11.               Sebelum proses format dan penyalinan file dimulai, YUMI akan melakukan konfirmasi dan pemberitahuan proses yang akan dilakukan. Klik tombol Yes untuk memulai proses

12.             Selanjutnya proses format USB flash drive dimulai.

13.             Selesai format, YUMI akan mulai menyalin file-file sistem operasi ke dalam USB flashdisk.
14.           Setelah proses format dan penyalinan file selesai, klik tombol Next.

15.             Selanjutnya akan ditampilkan konfirmasi, apakah kita ingin menambah sistem operasi lain pada saat itu juga atau tidak. Penambahan sistem operasi atau tool-tool lain dapat dilakukan pada waktu berbeda.


Jika kamu pilih tombol Yes, maka kamu akan kembali ke langkah awal yaitu memilih flashdisk. Jika kamu pilih tombol No, maka proses Bootable USB flashdisk  selesai. Tekan tombol Finish untuk keluar dari aplikasi.


Nah begitulah cara mudah membuat bootable instalasi Sistem Operasi menggunakan Software Yumi.Bila ada Masalah Atau Kejanggalan Silahkan Tinggalkan komentar.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Bootable Flashdisk Dengan Yumi"

Posting Komentar